Duta! Indah!

Saya ga pernah setuju sama yang bilang apalah arti sebuah nama. Karena saya tertarik dengan segala sesuatu yang punya makna dibaliknya. Coba kalo misalnya ada cewek cantik tapi namanya Bambang. Siapa juga yang ga mikir dua kali buat ngedeketinnya, kan? Jadi, nama itu penting. Apalagi nama pemberian dari orang tua yang menurut saya merupakan doa untuk kita ke depannya.

Nama pemberian dari kedua orang tua saya adalah Nursanthy Indah Hartini.

Dulu ketika saya SD saya biasa dipanggil Indah. Tapi ga tahu kenapa, rasanya aneh. Mungkin namanya ga cocok sama saya (eh). Lantas saya merengek sama kedua orang tua saya supaya nama panggilan saya diganti. Jadilah kedua orang tua saya bawa nasi kuning ke SD saya sembari minta tolong supaya yang lain manggil saya Santhy daripada Indah. Dipikir-pikir lagi buat apa juga ya sampe bawa nasi kuning segala..

Semenjak itu saya resmi dipanggil Santhy. Rasanya seneng banget. Kesannya kaya lebih keren dan kebarat-baratan padahal sih setelah dipikir-pikir ya ngga juga.

Sampai akhirnya saya masuk SMP dan SMA. Bisa dihitung jari orang-orang yang kenalan sama saya dan bisa mengeja nama saya dengan benar.

Contoh di bawah adalah sebuah percakapan yang terjadi ketika saya memesan makanan di sebuah restoran.

Mbak Resto : “Namanya siapa?”

Saya : “Santhy…”

Mbak Resto : (coret-coret di atas kertas)

Saya : “Aduh salah… bukan santi, pake huruf hy mbak dibelakangnya…”

Mbak Resto : (manggut-manggut sambil nulis lagi)

Saya : “Bukan santy mbak, pake hy!!!” (udah mulai gemes)

….

….

Dan akhirnya setelah beberapa kali trial and error dan menahan rasa ingin mencekik leher mbak-mbak restoran itu akhirnya dia berhasil menulis nama saya dengan benar, Santhy. Ihiy! *tepok tangan*

Saya memang agak sensitif dulu kalo ada yang salah menuliskan ejaan nama saya. Udah bagus kan tuh dikasi nama Santhy. Beda dan jarang. Biasanya kan orang kalo ga Santi ya Shanty. Sampe akhirnya saya dikasi tau oleh ibu saya kalau nama saya ya tadinya mau Shanty. Tapi pas bikin akte kelahiran orangnya ternyata salah ketik. Jadilah kedua oang tua memilih pake nama Santhy aja.

Ealah, udah bagus ganti nama malah nama sekarang yang dipake hasil dari salah ketik.

Tapi apa sih sebenernya arti dari nama Nursanthy Indah Hartini? Saya baru dapet jawaban ini ketika awal-awal saya masuk kuliah.

Saya : “Jadi mah arti namaku apa sih?”

Ibu & Ayah : (saling berpandang-pandangan sambil ketawa)

Saya : (mulai cemas merasa ada yang aneh)

Ibu : “Jadi gini…Nur kan artinya cahaya. Kalo Santhy/Shanty itu artinya damai. Kalo Hartini plesetan dari nama papamu kan Hartono, soalnya kamu cewek..”

(diam sebentar)

Ibu : “Nah kalo nama Indah itu sebenernya diambil dari nama komplek dulu kita tinggal. Nama kompleksnya kan Duta Indah. Makanya nama tengah sama nama panggilan kakakmu Duta terus kalo kamu Indah. Jadi kan kalo ada yang manggil kalian berdua jadi lucu… Duta! Indah! Jadi Duta Indah deh…hahahaha”

Saya : (ketawa miris)

FYI , nama ayah saya adalah Eko Yuhartono dan nama kakak saya adalah Aryudha Duta Hartono. See what my parents did?

One thought on “Duta! Indah!

Leave a Reply

